Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan bertanya siswa melalui penerapan metode bertanya secara tertulis menggunakan padlet dalam model Inquiry Learning pada Elemen Peralatan dan Pelengkapan Tempat Kerja mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif siswa Kelas X TSM 1 di SMKN 9 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan signifikan keaktifan bertanya siswa; skor rata-rata 2,45 dengan presentase 12,26% pada tahap pra tindakan meningkat menjadi 6,42 dengan presentase 32,10% pada siklus 1, dan mencapai 13,23 dengan presentase 66,13% pada siklus 2 yang mana sudah masuk dalam kualifikasi aktif. Penerapan metode bertanya secara tertulis menggunakan padlet dalam model Inquiry Learning terbukti mampu meningkatkan keaktifan bertanya siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan metode bertanya secara tertulis menggunakan padlet dalam model Inquiry Learning direkomendasikan dalam penelitian ini sebagai cara efektif untuk meningkatkan keaktifan bertanya siswa dalam proses pembelajaran di lingkungan SMK.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025