Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan E-Training System dengan basis aplikasi seluler yang bisa meningkatkan kedisiplinan serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Turen. Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya kedisiplinan dan pencapaian hasil belajar peserta didik akibat kurangnya media pembelajaran interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri dan fleksibel. Dengan memanfaatkan teknologi digital, diharapkan peserta didik bisa makin aktif, disiplin, dan mudah mengerti materi pelajaran secara mandiri. Metode yang dipakai ketika penelitian ini ialah metode Research and Development (R&D) yang memiliki model pengembangan ADDIE yang didalamnya ada tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation. Subjek uji coba terdiri atas ahli media, ahli materi, serta peserta didik kelas X TKRO SMK Turen Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, validasi ahli, angket peserta didik, serta tes pre-test dan post-test. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Training System yang dikembangkan dikategorikan layak berdasarkan hasil validasi ahli media (88.8%) dan ahli materi (88.6%), bermanfaat berdasarkan validasi peserta didik dengan skor 89.2% (kategori sangat baik), serta efektif berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test dengan nilai N-Gain sebesar 0.76 (kategori tinggi). Dengan demikian, E-Training System ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Gambar Teknik.
Copyrights © 2025