Model pembelajaran memegang fungsi esensial untuk meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media maket terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design yang melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) berupa soal pilihan ganda yang valid dan realiabel. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik parametrik t-test. Berdasarkan uji prasyarat t-test yang terdiri dari normalitas dan homogenitas didapatkan data penelitian normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung ttabel (4,601,68) yang berarti hipotesis diterima yang berarti penerapan model discovery learning dengan menggunakan media maket secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 2 Aceh Barat. Penerapan model pembelajaran discovery learning yang berbantuan media maket tidak hanya mendukung potensi berpikir kritis siswa secara optimal, tetapi juga sebagai keharusan bagi para pendidik untuk terus menerapkan model pembelajaran aktif dan penyelidikan kritis untuk mempersiapkan generasi penerus yang sesuai dengan tuntutan pendidikan di era industry 5.0.
Copyrights © 2025