Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif yang menggabungkan konsep Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam mata kuliah Matematika Dasar, guna meningkatkan pemahaman konsep matematika serta menanamkan nilai-nilai moral dan karakter kepada mahasiswa. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa PGSD semester 2 FKIP UNAMIN pada mata kuliah matematika dasar. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE (Analisa, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan melalui soal pretest-posttest, observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Matematika Dasar. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar matematika. Penilaian oleh dosen dan mahasiswa menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan integrasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang baik. Modul ini memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran matematika yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern dan tuntutan moral. Pengembangan lebih lanjut dan implementasi secara luas dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah. Abstract This research aims to develop an interactive digital module that combines the concepts of Al-Islam and Muhammadiyah in Basic Mathematics courses, to increase understanding of mathematical concepts and instill moral values and character in students. The research was conducted on 2nd semester PGSD students of FKIP UNAMIN in the basic mathematics course. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Data collection was carried out through pretest-posttest questions, observations, interviews and questionnaires involving students and lecturers teaching Basic Mathematics courses. Module validation is carried out by material experts, media experts and language experts. The research results show that the interactive digital module developed is effective in increasing students' understanding of basic mathematical concepts. Assessments by lecturers and students show a high level of satisfaction, with good integration of Al-Islam and Muhammadiyah values. This module provides innovative solutions in mathematics learning that are relevant to modern educational needs and moral demands. Further development and widespread implementation can improve the quality of mathematics education in Muhammadiyah higher education institutions.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024