Studi ini dilatarbelakangi oleh suatu isu, yakni rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Joho pada materi tradisi Masyarakat Indonesia, dimana hanya 40,54% siswa yang menggapai KKM pada siklus I, dengan rata-rata nilai kelas yang rendah yaitu 43,78. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran game Educaplay. Studi ini menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilangsungkan melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada studi ini ialah siswa kelas III SDN 2 Joho. Data dihimpun melalui penerapan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan studi ini menjabarkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sesudah penggunaan media Educaplay, dimana persentase siswa yang memperoleh KKM meningkat secara signifikan ke 86,48% pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata nilai kelas menjadi 84,59.
Copyrights © 2025