Jurnal Panrita
Vol 3 No 1 (2025): April 2025

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sd Inpres 6/86 Balle Melalui Permainan Edukatif

Mujahid, Ayinun (Unknown)
Mubhar, Imam Zarkasyi (Unknown)
Sabaruddin (Unknown)
Atmaranie Dewi Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membangun dasar keterampilan berbahasa siswa di era globalisasi. Namun, berbagai kendala seperti keterbatasan media pembelajaran interaktif dan metode pengajaran konvensional masih menjadi tantangan. Program pendampingan pembelajaran bahasa Inggris di SD Inpres 6/86 Balle melalui permainan edukatif bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa serta keterampilan berbahasa mereka. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Participatory Action Research (PAR), dengan tahapan meliputi persiapan, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, monitoring, dan pengembangan. Hasil program menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan edukatif mampu meningkatkan daya ingat kosakata, kepercayaan diri dalam berbicara, serta motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Meskipun demikian, masih diperlukan upaya lanjutan dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif serta pelatihan bagi guru agar metode ini dapat diterapkan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science

Description

Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan kabupaten Sinjai. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pengembangan ...