Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Pelita PAUD

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Coloring Game Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Noho, Pindi (Unknown)
Ardini, Pupung Puspa (Unknown)
Juniarti, Yenti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Coloring Game terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 01 Al-Icmi, Desa Limbatihu, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental, yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak kelompok B yang berusia rata-rata 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur kemampuan motorik halus anak sebelum dan setelah perlakuan menggunakan aplikasi Coloring Game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test motorik halus anak sebelum diberikan perlakuan adalah 54,65, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah perlakuan meningkat menjadi 76,96. Peningkatan ini menunjukkan adanya perubahan positif pada kemampuan motorik halus anak, yang tercermin dalam kemampuan koordinasi mata dan tangan, kelenturan jari tangan, serta kelenturan pergelangan tangan. Hasil uji statistik menggunakan t-test menunjukkan bahwa perbedaan antara pretest dan posttest adalah signifikan dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05), yang berarti bahwa penggunaan aplikasi Coloring Game berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motorik halus anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Coloring Game dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mendukung perkembangan motorik halus anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...