Jurnal Pedagogik Olahraga
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga

MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA GERAK DASAR BERGULING

Sri Puji Lestari (Unknown)
Rahmadi (Unknown)
Recky Ahmad Haffyandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan Penelitian  ialah guna mengetahui bagaimana gaya pengajaran TGfU mempengaruhi kemampuan siswa kelas IV saat melakukan gerakan berguling tubuh ke depan di Sekolah Dasar Negeri Marabahan 2. Kurangnya antusiasme serta kecemasan siswa dalam belajar gerakan menggulingkan tubuh ke depan menyebabkan kinerja yang buruk di kelas. Studi memanfaatkan desain pretest-posttest beserta satu kelompok , serta model pra-eksperimental. Jumlah peserta studi 48 siswa, beserta 23 siswa dipilih secara tidak acak melalui purposive sampling. instrument digunakan adalah tes keterampilan berguling ke depan, sedangkan kajian data dilakukan memanfaatkan SPSS 25. Skor rata-rata meningkat dari 2,078 pada pretest jadi 3,291 pada posttest, menggambarkan peningkatan yang signifikan. Perbedaan yang signifikan antara data pra-tes serta pasca-tes digambarkan t-tes sampel berpasangan, menghasilkan skor signifikansi 0,000 (p < 0,05). Paradigma pembelajaran TGfU terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar berguling ke depan siswa dengan menawarkan pembelajaran kontekstual, pendekatan holistik, serta meningkatkan motivasi siswa melalui aktivitas yang menarik. Hal ini digambarkan peningkatan senilai 58,4%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpor

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan ...