Jurnal Pedagogik Olahraga
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga

PENGARUH GAYA MENGAJAR INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BACKHAND BULUTANGKIS PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 9 BANJARBARU

Aulia Norliyani (Unknown)
Rakhman, Arie (Unknown)
Arifin, Ramadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar inklusi terhadap hasil belajar teknik dasar servis backhand bulutangkis pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel berjumlah 28 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan servis backhand bulu tangkis pada pretest dan posttest. Siswa menerima instruksi melalui gaya mengajar inklusi selama empat pertemuan, yang memungkinkan mereka memilih tingkat kesulitan latihan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor pretest rata-rata 6,29 dengan persentase 52,42% meningkat menjadi 9,39 dengan persentase 78,25% . Dengan persentase peningkatan sebesar 49,29% dari kondisi awal. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar inklusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan motorik dasar, khususnya dalam konteks pendidikan jasmani. Pendekatan ini direkomendasikan untuk diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran olahraga di sekolah karena memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendorong partisipasi aktif semua siswa tanpa memandang tingkat kemampuannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpor

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan ...