Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business
Vol. 5 No. 2 (2025): Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (2025)

DIFERENSIASI PRODUK PENTOLICIOUS BITES SEBAGAI UPAYA MENARIK MINAT KONSUMEN DI TENGAH PERSAINGAN KULINER

Suryani1, Lilis (Unknown)
Usman (Unknown)
Atlantika, Yeremia Niaga (Unknown)
Siokalang, Maria Angela (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Persaingan usaha kuliner yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mampu menciptakan strategi yang dapat menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi diferensiasi produk yang diterapkan oleh usaha Pentolicious Bites dalam menarik minat konsumen di Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi yang dilakukan oleh Pentolicious Bites meliputi inovasi bentuk produk dari pentol kuah menjadi stik pentol, pengembangan rasa original dan balado, serta penggunaan kemasan menarik dengan logo usaha. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan ketertarikan konsumen dan mendorong pembelian ulang. Dengan demikian, strategi diferensiasi menjadi pendekatan yang relevan untuk meningkatkan daya saing produk makanan lokal di pasar yang dinamis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ifi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (IFI-JEB) is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IFI-JEB ...