Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Wajo tahun pelajaran 2021/2022 pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posstest only control design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Wajo yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengambilan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA Kreasi sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA Kolaborasi sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian adalah metode mind mapping pada model discovery learning dan model discovery learning tanpa mind mapping dan variabel bebas penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi larutan penyangga berupa post-test sebanyak 25 soal. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yakni 81,65 sedangkan kelas kontrol yakni 78,27. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial hasil belajar menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Dengan demikian dilakukan uji non parametrik mann-whitney dengan α = 0,05 dan dk 1,64. Hasil uji mann-whitney diperoleh Zhitung > Ztabel (9,68 > 1,64), ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Wajo pada materi larutan penyangga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025