JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MUSIK
Vol. 3 No. 1 (2025): Volume 3 No 1 Tahun 2025 (Maret)

Meningkatkan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Musik: Sebuah Penelitian Tindakan di Kota Bandung

Riyadi, Lanang (Unknown)
Satya, Royys Bagja Rizky (Unknown)
Nugraha, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Keterampilan menulis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, terutama dalam bidang Pendidikan Musik, di mana kemampuan untuk menyusun karya tulis ilmiah yang baik sangat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik dan profesional. Namun, banyak mahasiswa menghadapi tantangan dalam penulisan, termasuk kesulitan dalam merumuskan ide, memahami struktur penulisan, dan mengelola waktu yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa Pendidikan Musik melalui pendekatan penelitian tindakan yang terstruktur. Metode penelitian ini melibatkan tiga tahap: pra-tindakan, tindakan, dan pasca-tindakan, dengan pengumpulan data melalui survei, workshop, dan sesi umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan dalam penguasaan materi dan kepercayaan diri mahasiswa, keterampilan menulis dan proses penulisan masih berada pada kategori yang kurang memuaskan. Hal ini menandakan perlunya lebih banyak sesi praktik dan dukungan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang kondisi keterampilan menulis mahasiswa Pendidikan Musik dan menawarkan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum yang lebih efektif. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tuntutan akademik dan profesional di masa depan. Improving Academic Writing Skills of Music Education Students: An Action Research in Bandung City Writing skills are an essential competency that students must possess, especially in the field of Music Education, where the ability to compose a well-structured scientific paper significantly impacts academic and professional success. However, many students face challenges in writing, including difficulties in formulating ideas, understanding writing structure, and managing limited time. This study aims to enhance the writing skills of Music Education students through a structured action research approach. The research method involves three stages: pre-action, action, and post-action, with data collection through surveys, workshops, and feedback sessions. The results indicate that although there is an improvement in students' mastery of the material and their confidence, writing skills and the writing process still remain in the unsatisfactory category. This suggests the need for more practice sessions and ongoing support to address the challenges faced by students. This research provides important insights into the writing skill conditions of Music Education students and offers recommendations for more effective curriculum development. Thus, it is hoped that this study can contribute to improving the quality of education and the readiness of students to meet academic and professional demands in the future.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Edumusika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

EduMusika diterbitkan oleh Fakultas Bahasa & Seni Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (AP2Seni). Jurnal Edumusika terbit 2 (dua) kali pada bulan Mei, dan November berisi artikel/artikel penelitian di bidang musik dan ...