Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 1 (2025): Juni 2025

Efektivitas PBL (Problem Based Learning), PJBL (Project Based Learning) dan Deep Learning terhadap Analisis Pemahaman Siswa Kelas XI MIA 7 MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2024/2025

Wulandari, Ayu (Unknown)
Oktavia, Dhea (Unknown)
Shinta, Dwi (Unknown)
Falahani, Falahani (Unknown)
Panggabean, Nurul Hikmah (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan pedagogis yang menekankan pembelajaran aktif, seperti Project Based Learning (PJBL), Problem Based Learning (PBL), dan Deep Learning, semakin mendapat perhatian di kalangan pendidik di Indonesia. Namun,  sistem pendidikan menghadapi berbagai tantangan yang mendorong perlunya inovasi dalam model pembelajaran. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah lemahnya proses pembelajaran terutama pada siswa XI MIA 7 MAN 1 Medan, seperti pembelajaran lebih berfokus pada kemampuan menghafal materi dibandingkan dengan pemahaman yang mendalam sehingga siswa kurang dapat memahami materi khususnya pada materi biologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebeapa besar tingkat kefektifan penerapan model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif yang dilaksanakan di MAN 1 Medan dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dan 1 orang guru. Adapun tingkat keefektivisian belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran sebesar 75% yang terdiri dari (1) Problem Based Learning 88% (tinggi), (2) Project Based Learning 77% (sedang), (3) Deep Learning 59% (rendah). Hal ini disebabkan  kemampuan siswa yang kurang dalam menanggapi pemahaman mengenai materi biologi dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...