Penelitian ini mengkaji secara mendalam praktik kepemimpinan inklusif yang dijalankan oleh seorang kepala sekolah Muslim di UPT SD Negeri 060937 Medan Johor, sebuah sekolah dasar yang kaya akan keberagaman agama. Penelitian ini menyoroti strategi-strategi kunci yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah yang menghargai perbedaan, mempromosikan toleransi, dan menciptakan suasana belajar yang harmonis bagi seluruh warga sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan inklusif yang diterapkan oleh kepala sekolah memiliki dampak positif yang signifikan terhadap terciptanya iklim sekolah yang kondusif, meningkatnya kolaborasi antar guru, serta terbangunnya rasa saling menghormati dan menghargai di antara siswa dan seluruh komunitas sekolah
Copyrights © 2025