Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya modernisasi pendidikan agama Islam yang digunakan oleh K.H. Ahmad Dahlan dalam mengimplementasikan pembaruan pendidikan Islam sebagaimana ditampilkan dalam film Sang Pencerah. Film ini dipilih karena merepresentasikan tokoh pembaru Islam yang progresif, kritis terhadap praktik keagamaan yang stagnan, dan berorientasi pada rasionalitas serta kemajuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi terhadap narasi, dialog, dan visual dalam film. Hasil kajian menunjukkan bahwa Sang Pencerah merepresentasikan pendidikan Islam yang terbuka terhadap ilmu pengetahuan modern, bersifat kontekstual, serta menjunjung nilai-nilai toleransi dan ijtihad. Strategi K.H. Ahmad Dahlan dalam film ditampilkan melalui pembentukan institusi pendidikan formal, penekanan pada pemurnian akidah, dan penggunaan metode pengajaran yang lebih rasional dan sistematis. Dengan demikian, film ini menjadi media edukatif yang menggambarkan pentingnya modernisasi pendidikan Islam dalam membangun peradaban yang maju dan humanis
Copyrights © 2025