Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak lanjut penerapan metode simulasi dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas XI SMK Harapan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan gambaran konkret terhadap efektivitas metode simulasi dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap puisi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan data dikumpulkan melalui instrumen pertanyaan untuk mengukur kemampuan apresiasi puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 72,73 dengan total skor 2.182 dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, nilai meningkat menjadi rata-rata 79,62 dengan skor total 2.388, yang menunjukkan bahwa siswa telah mencapai kategori ketuntasan belajar yang baik. Berdasarkan hasil ini, hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa metode simulasi efektif dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mendorong guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam pengembangan kompetensi siswa, khususnya dalam bidang apresiasi sastra.
Copyrights © 2025