JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 2 Mei 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DIKELAS V SDN 182 PEKANBARU

Sihite, Putri Sion (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)
Munjiatun, Munjiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan karakter kebhinekaan global siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah desain Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas dengan kelas V B sebagai kelas kontrol dan kelas V C sebagai kelas eksperimen. Adapun kelas eksperimen diberikan treatment (perlakuan) dan kelas kontrol tidak mendapatkan treatment (perlakuan). Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan, karakter kebhinekaan global siswa memperoleh hasil signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning dalam meningkatkan karakter kebhinekaan global siswa kelas V SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...