Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis Project-Based Learning (PBL) pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK, menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul ini dikembangkan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, pemahaman konsep, serta keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran berbasis proyek.. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sementara uji coba pengguna melibatkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah TIK di Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket keterbacaan, serta uji validitas modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan memenuhi standar kualitas yang sangat baik dalam aspek desain visual, navigasi, keterbacaan, serta efektivitas pembelajaran berbasis PBL. Uji coba pengguna menunjukkan bahwa modul ini mudah diakses, menarik, serta mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep TIK. Elemen multimedia dan fitur interaktif dalam modul, seperti kuis dan gamifikasi, juga dinilai membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025