Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, pembelajaran teks prosedur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Tanjung Morawa masih belum optimal. Observasi awal menunjukkan rendahnya antusiasme siswa dan kurangnya pemahaman terhadap struktur dan isi teks prosedur. Permasalahan yang diidentifikasi meliputi: pembelajaran yang belum kontekstual, model pembelajaran yang monoton, keterbatasan media ajar menarik, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks prosedur berbasis video menggunakan aplikasi CapCut sebagai solusi inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Sugiyono dengan tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, uji coba terbatas, dan revisi akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Morawa. Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa materi ajar layak digunakan dengan revisi minor. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap struktur teks prosedur serta meningkatnya minat belajar. Penggunaan CapCut terbukti mampu menyajikan materi pembelajaran secara visual, kontekstual, dan menarik. Dengan demikian, pengembangan materi ajar berbasis aplikasi CapCut dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran teks prosedur. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan teknologi digital sebagai bagian dari inovasi pembelajaran di era digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara bermakna.
Copyrights © 2025