Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari dan mendapatkan informasi mengenai implementasi gerakan furudul ainiyah dalam meningkatkan pemahaman materi fiqih di MTs Syafi’iyah Sumur Dalam Besuk Kidul Probolonggo. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus, tujuannya untuk mendeskripsikan mengenai mengimplementasian program gerakan furudul ainiyah dengan cara mewawancara wakil kepala sekolah, guru koordinator program, dan salah satu siswa. Dilakukan penelitian ini selama satu bulan, pada bulan februari 2025. Dan dari hasil penelitian dan juga wawancara mengenai implementasi gerakan furudul ainiyah terlihat bahwa program (GEFA) ini efektif dan juga berjalan sesuai dengan tujuannya, dengan meningkatkan pemahaman kepada siswa terhadap materi fiqih, sehingga siswa yang sebelumnya pemahaman terhadap materi fiqih kurang mendalam dan efektif namun setelah diadakan program gerakan furudul ainiyah tersebut pemahaman terhadap pembelajaran materi fiqih mereka lebih meningkat. Program gerakan furudul ainiyah menciptakan sebuah proses pembelajaran yang tidak hanya membuat siswa sepanjang pembelajaran mendengar saja namun mengajak siswa untuk praktik langsung, menghafal dan lainnya, sehingga menghasilkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi fiqih. Dan juga siswa mendapatkan pembelajaran yang berkualitas.
Copyrights © 2025