Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Peran Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Khoiriyah, Nafi'atul (Unknown)
Arisanti, Kustiana (Unknown)
Inzah, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran Praktik Pengalaman Lapangan dan Kependidikan (PPLK) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa peserta PPLK, dosen pembimbing lapangan, dan pihak fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPLK memiliki peran signifikan dalam membentuk kesiapan mahasiswa menjadi guru profesional. Mahasiswa memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembelajaran, pengelolaan kelas, serta membangun hubungan pedagogis yang efektif. Selain itu, persepsi mahasiswa terhadap PPLK sangat positif, karena mereka merasa kegiatan ini mempersiapkan mereka secara nyata dalam menghadapi dunia pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan program PPLK, dengan menekankan pentingnya integrasi antara teori dan praktik dalam pembentukan guru yang kompeten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...