Research in Science and Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2025): RISEME APRIL 2025

Pengukuran Sikap Siswa Sekolah Menengah di Remote Area terhadap Pembelajaran Sains

Eveline, Erlin (Unknown)
Manzoor, Sadaf (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan – Sains dan teknologi memberikan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan. Namun, minat siswa terhadap sains dan teknologi semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran sains. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran sains di kelas. Metode – Penelitian deskriptif ini menggunakan kuesioner untuk menggambarkan sikap siswa terhadap pembelajaran sains di kelas. Aspek yang digambarkan antara lain lingkungan belajar, keterlibatan siswa, kesejahteraan, kognitif dan tingkah laku. Sebanyak 85 siswa merespon kuesioner yang diberikan dan data hasil respon siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil – Seluruh pernyataan menunjukkan penyebaran data yang baik dengan rentang standar deviasi dari 0,634 sampai 0,974. Distribusi nilai rata-rata dari setiap item (pernyataan) mengindikasikan rentang respon antara M=3,68 hingga M=4,18. Rata-rata skor untuk aspek lingkungan belajar, keterlibatan siswa, kesejahteraan, kognitif dan tingkah laku masing-masing adalah 3,99. 3,93, 3,99, 3,78, dan 3,84. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mayoritas siswa cenderung setuju terhadap pernyataan setiap aspek yang diukur. Temuan – Siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran sains dari aspek lingkungan belajar, keterlibatan siswa, kesejahteraan, kognitif dan tingkah laku.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...