Tingginya penggunaan media pembel-ajaran konvensional dan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembel-ajaran era digital harus diperhatikan oleh guru menjadi latar belakang utama dalam kajian ini, terutama materi Nilai-Nilai Pancasila pada penyeleng-garaan pemerintahan dikarenakan media pembelajaran yang digunakan selama ini cenderung konvensional. Tujuan kajian ini ialah menghasilkan produk dan kevalidan media pembel-ajaran PowerPoint interaktif guna memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang diterapkan ialah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, development, & disseminate. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil produk media pembelajaran PowerPoint Interaktif yang dihasilkan memenuhi syarat kategori valid untuk digunakan 2) Hasil uji kevalidan yang meliputi uji ahli materi menujukan (91%), Ahli media (100%), dan calon pengguna (98%), Serta pengujian ke-praktisan dengan melibatkan 175 peserta didik menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan rata-rata skor an-tara 92,59% hingga 95,27%, yang mengidentifikasi bahwa media ini sangat mudah digunakan, sesuai de-ngan materi, menarik, dan memiliki tingkat interaktivitas yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa, media PowerPoint Interaktif yang telah dikembangkan memenuhi standar kepraktisan yang diinginkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025