GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 02 (2025): APRIL 2025

EMOSI AKADEMIK: PERAN DAN PENGARUHNYA DALAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, FBS UNM

Muhayyang, Maemuna (Unknown)
Asriati, Asriati (Unknown)
G, Hasriani (Unknown)
Adys, Himala Praptami (Unknown)
Radhiyani, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Pelatihan ini yang dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk membekali dan membantu mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNM tahun akademik 2024/2025 mengenali dan memahami emosi akademik dengan berbagai faktor yang memengaruhinya, dan mengetahui cara mengelola emosi akademik mereka dengan baik. Kegiatan ini dilakukan secara interaktif melalui tiga metode: (1) ceramah dengan pemaparan materi emosi akademik melalui LCD, (2) diskusi untuk menjawab pertanyaan peserta, dan (3) presentasi mahasiswa tentang kasus emosi akademik yang mereka hadapi. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa (1) mahasiswa dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi akademik sangat penting untuk mendukung pencapaian hasil akademik yang optimal, (2) faktor internal dan eksternal memengaruhi emosi akademik mereka: faktor internal terdiri atas kepercayaan diri, motivasi intrinsik, dan kondisi psikologis, sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan belajar, metode pengajaran, dan dukungan sosial; (3) mahasiswa mengelola emosi akademik dengan cara meningkatkan kesadaran emosional, mengembangkan pola pikir positif, menerapkan strategi manajemen stress, manajemen waktu yang efektif, membangun lingkungan belajar yang positif, dan mendapatkan dukungan sosial yang memadai. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan bahwa pelatihan ini efektik membantu mahasiswa mengenali, memahami, dan mengelola emosi akademik mereka yang memegang andil dalam keberhasilannya menjalani akademik di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...