Kesehatan mental siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian, terutama terkait dengan stres yang mereka alami akibat tekanan akademik dan sosial. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara-cara yang efektif dalam mensosialisasikan pengelolaan stres kepada siswa SMA guna meningkatkan kesehatan mental mereka. Program ini melibatkan kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling (BK), dan siswa dalam implementasi teknik-teknik pengelolaan stres yang meliputi relaksasi, pernapasan dalam, serta manajemen waktu yang baik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti program ini merasa lebih mampu mengelola stres, dengan tingkat kecemasan yang menurun secara signifikan. Program ini juga mendapatkan dukungan yang baik dari pihak sekolah yang berkomitmen untuk mengintegrasikan pengelolaan stres dalam kegiatan sekolah. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya mengurangi stres tetapi juga meningkatkan kesehatan mental mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2025