Penanaman konsep energi dan perubahannya sejak dini sangat penting untuk membangun pemahaman ilmiah dasar dan kesadaran akan pentingnya penggunaan energi secara bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran sebagai alat bantu dalam memperkuat pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep jenis-jenis energi dan perubahannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif partisipatif melalui penayangan video interaktif yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Subjek kegiatan adalah siswa kelas V dan VI di sekolah SDI ENDE 15 di Kabupaten Ende. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media video mampu meningkatkan minat belajar, memperjelas pemahaman konsep, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui kuis ringan dan pengamatan perilaku siswa dalam menanggapi materi yang disampaikan. Temuan ini mendukung bahwa media visual dan auditori seperti video merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam membangun pemahaman konseptual, khususnya pada materi sains dasar seperti energi dan perubahannya.
Copyrights © 2025