Studi ini bermaksud untuk menyelidiki manajemen strategis lembaga pendidikan di era digital ini, menunjukkan dengan tepat kesulitan yang dihadapi, dan menyelidiki jalan potensial untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan saran kepada para manajer pendidikan tentang cara membuat dan menjalankan strategi yang secara efektif mengatasi dinamika dan perubahan era digital. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, dan teknik analisis konten digunakan untuk menganalisis data. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital sistem pembelajaran menghadirkan sejumlah peluang dan masalah yang harus ditangani dengan baik oleh institusi pendidikan. Kebutuhan untuk mengevaluasi teknologi infrastruktur, memberikan pelatihan berkelanjutan kepada para guru, serta memperbarui peraturan dan kurikulum terkait teknologi merupakan beberapa kendala utama, keterlibatan pemangku kepentingan, bantuan teknis yang memadai, dan pendekatan yang mudah beradaptasi sangat penting untuk mengatasi kendala ini. Namun, era digital menghadirkan beberapa keuntungan, termasuk gamifikasi dan teknik pembelajaran interaktif, analisis untuk melacak kemajuan siswa, personalisasi pembelajaran, dan akses ke sumber daya pembelajaran di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan peluang ini, institusi pendidikan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, merampingkan operasi, dan mempersonalisasi instruksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendekatan yang efisien untuk mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang akan memfasilitasi adaptasi yang sukses di era digital ini, memaksimalkan hasil pendidikan dan pengalaman belajar
Copyrights © 2025