Caraka : Indonesia Journal of Communication
Vol. 6 No. 1 (2025): Caraka : Indonesia Journal of Communication

Overclaim Produk Skincare di Media Sosial: Studi Kasus Akun Dokter Detektif

Abdurrohman, Haidar (Unknown)
Swarnawati, Aminah (Unknown)
Sanjaya, Makroen (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat prespektif kritis dari fonomena produk kecantikan yang dinilai masyarakat overclam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kasus yang dipilih dalam penelitian ini adalah akun Dokter Detektif yang mencari tahu kebenaran mengenai sebuah produk kecantikan. Analisis konten menggunakan Prepektif kristis Marxist untuk menilai dan mengkritisi mengenai hasil studi kasus yang dikaitakan dengan brending. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa branding yang dibuat dapat menutupi kualitas produk kecantikan sehingga memang terdapat produk kecantikan yang overclaim dipercayai oleh masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caraka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of ...