Abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan model administrasi pendidikan inklusif berbasis teknologi guna meningkatkan akses dan kualitas layanan pembelajaran di perguruan tinggi. Sasaran kegiatan adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, yang memiliki peran strategis sebagai calon administrator pendidikan di masa depan. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, perancangan model, pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap prinsip-prinsip pendidikan inklusif dan kemampuan dalam menerapkan teknologi sebagai penunjang layanan akademik yang adaptif. Evaluasi pre-test dan post-test memperlihatkan peningkatan rata-rata skor peserta dari 50-an menjadi 80-an pada berbagai aspek, seperti pemahaman konsep inklusif, penggunaan teknologi, dan perancangan sistem administrasi. Kegiatan ini membuktikan bahwa integrasi teknologi dan nilai-nilai inklusi dalam administrasi pendidikan sangat penting untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang adil, responsif, dan berorientasi pada keadilan sosial. Kata Kunci: Administrasi Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Mahasiswa
Copyrights © 2025