Pendidikan karakter merupakan sistem yang bertujuan menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada warga sekolah, mencakup aspek pengetahuan, kesadaran, dan tindakan nyata dalam penerapan nilai-nilai tersebut. Salah satu komponen penting dalam pendidikan karakter di Indonesia adalah internalisasi nilai-nilai Pancasila. Kurangnya kesadaran dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dapat menyebabkan degradasi karakter bangsa, yang berdampak negatif pada moral dan akhlak generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui metode keteladanan dan pembiasaan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di MA Taruna Teknik Al-Jabbar pada tanggal 20, 21, 22, dan 24 Januari 2025, dalam empat kali pertemuan di kelas. Sebelum mengajar secara individu, program kerja disusun terlebih dahulu sebagai pedoman pelaksanaan. Metode kegiatan yang digunakan dalam menyampaikan materi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bersifat edukatif dan partisipatif, dengan pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) dengan merujuk pada berbagai literatur relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa bimbingan, pembiasaan, serta pelatihan ketaatan terhadap tata tertib sekolah, penanaman semangat kebangsaan, cinta tanah air, sikap demokratis, dan kepedulian sosial merupakan strategi efektif dalam membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan karakter yang terstruktur dan berkelanjutan sangat penting dalam menciptakan generasi bangsa yang berintegritas.
Copyrights © 2025