Peran motivasi belajar dan kedisiplinan belajar sebagai faktor internal yang berpengaruh pada kinerja akademik penting yang dimiliki siswa khususnya dalam implementasi pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan regresi linier berganda, dengan sampel 60 siswa yang memilih mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Hasil uji f diperoleh nilai Fhitung = 18,498 > Ftabel 3,16, dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan motivasi belajar dan kedisiplinan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R square sebesar 0,394 artinya motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh sebesar 39,4% terhadap kepuasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan belajar memiliki hubungan yang erat dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih positif dan meningkatkan kepuasan siswa dalam pembelajaran ekonomi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025