Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan siswa yang tidak menggunakan multimedia, mengetahui penilaian siswa terhadap multimedia interaktif dan efektivitas penggunaan multimedia interaktif dengan prinsip mayer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena data penelitian untuk mengukur hasil belajar siswa berupa angka dan analisis statistik. Desain penelitian ini menggunakan Intact Group Comparison, yang mana penelitian ini melibatkan dua perlakuan berbeda pada kelompok yaitu kelompok siswa dengan pembelajaran Multimedia interaktif dan siswa yang tidak menggunakan multimedia interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan mean hasil belajar dari kedua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen memiliki nilai mean jauh lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan perbandingan mean 94,11 (kelas eksperimen) dan 85,37 (Kelas kontrol), juga berdasarkan Analisis frekuensi terdapat nilai mean 85,71 termasuk kategori sangat baik, artinya penilaian siswa positif terhadap interaksi multimedia. Dan hasil uji N-Gain dari angket kondisi awal pembelajaran dan penilaian siswa terhadap multimedia menunjukkan nilai mean 0,72 dengan kategori tinggi, berarti penggunaan multimedia interaktif efektif digunakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di MA Syekh Yusuf Sungguminasa dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan digunakan pada proses pembelajaran
Copyrights © 2025