Zeniusi Journal
Vol 2 No 1 (2025): Vol II. No I. June 2025

Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 7 Medan

Sifa Maulida (Unknown)
Uswatun Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa sering kali disebabkan oleh penerapan gaya mengajar guru yang kurang sesuai dengan kebutuhan dan harapan siswa. Hal ini menunjukkan pentingnya penerapan variasi gaya mengajar yang dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan sampel siswa kelas VIII sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar pernyataan yang disusun berdasarkan indikator teori yang relevan. Hasil analisis menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien sebesar 0,654. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, dengan kontribusi sebesar 65,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan variasi gaya mengajar oleh guru memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat terus mengembangkan variasi gaya mengajar untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

zj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Zeniusi Journal - (E-ISSN: 3063-6027) is a peer-reviewed academic journal published by Insan Zenius Ilmiah. This journal aims to provide a platform for researchers, academics, and practitioners to share research findings and innovative insights in the fields of education, economics, and science. We ...