Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbasis permainan tradisional Mpa’a Tapa Gala terhadap penguatan karakter siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, dan kedisiplinan di kalangan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa angket penguatan karakter dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata karakter siswa dari 64,5 (pre-test) menjadi 85,5 (post-test). Uji paired sample t-test menunjukkan p < 0,001, yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam memperkuat karakter siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model Game Based Learning berbasis Mpa’a Tapa Gala dapat dijadikan strategi alternatif yang efektif dan kontekstual untuk penguatan karakter siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025