KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol. 8 No. 1 (2025): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

Development of a Learning Module Based on Problem Based Learning Integrated with Character Values (PBL-NK) with Canva Digital Media Support on Physics Material

Basri, Syamsuriana (Unknown)
Ibrahim, Misykat Malik (Unknown)
U, Muhammad Shabir (Unknown)
Yuspiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar fisika berbasis PBL-NK yang valid dan didukung media digital Canva. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, namun dibatasi pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan peserta didik, sedangkan lembar validasi menilai aspek isi, bahasa, penyajian, integrasi nilai karakter, dan penggunaan media Canva. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik Gregory, sementara data kualitatif dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL-NK dengan dukungan media digital Canva dinyatakan valid berdasarkan penilaian para ahli, serta berpotensi untuk digunakan sebagai inovasi pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...