Model pelatihan yang dilakukan di gerakan pramuka kurang membawa dampak pada peningkatan soft skills guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kevalidan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT yang dikembangkan; (2) kepraktisan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT yang dikembangkan; dan (3) keefektifan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT diimplementasikan dalam meningkatkan soft skills Andalan PRAMUK yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan subjek dalam penelitian ini adalah Andalan KWARAN Kota Medan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT dinilai valid oleh Ahli Bahasa; Ahli Desain; Ahli Materi; dan Ahli Model; (2) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT sangat praktis digunakan oleh guru; dan (3) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT efektif untuk meningkatkan soft skills guru.
Copyrights © 2025