Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (April - Mei 2025)

Pengembangan Model Manajemen Mutu Terpadu Berbasis Competency Based Training Dalam Meningkatkan Soft Skills Andalan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kwarcab Kota Medan

Marpaung, Syafri Fadillah (Unknown)
Maulana, Adhli (Unknown)
Faeyza, Affiq (Unknown)
Chaidir, Muhammad (Unknown)
Hakim, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Model pelatihan yang dilakukan di gerakan pramuka kurang membawa dampak pada peningkatan soft skills guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kevalidan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT yang dikembangkan; (2) kepraktisan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT yang dikembangkan; dan (3) keefektifan produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT diimplementasikan dalam meningkatkan soft skills Andalan PRAMUK yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan subjek dalam penelitian ini adalah Andalan KWARAN Kota Medan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah produk model manajemen mutu terpadu berbasis CBT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT dinilai valid oleh Ahli Bahasa; Ahli Desain; Ahli Materi; dan Ahli Model; (2) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT sangat praktis digunakan oleh guru; dan (3) Model manajemen mutu terpadu berbasis CBT efektif untuk meningkatkan soft skills guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...