Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni - Juli 2025)

Pengaruh Herd Mentality dan Pelatihan Terhadap Kinerja ASN: Studi Kasus di DITJEN Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum Republik Indonesia

Waluyo, Tri (Unknown)
Rustomo (Unknown)
Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Peranan Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat penting di lembaga pemerintah dipandang pada dimensi kinerjanya. Pengaruh Herd Mentality dan Pelatihan Terhadap Kinerja ASN: Studi Kasus di Ditjen Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum Republik Indonesia. Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan menggambarkan suatu fenomena pada setiap variabel atas kajian yang berfokus pada penyajian data sebagai akurasi pada karakteristik atau keadaan suatu objek. Matode kuantitatif ini dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesoner dengan skala likert yang disebarkan kepada respoden seluruh staf di Ditjen Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum. Dengan teknik sampling jenuh atau seluruh populasi dijadikan sampel. Analisa data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dimana data pada setiap variabel pada uji instrument dinyatakan sah atau valid dan dapat dipercaya atau reliabel. Uji asumsi klasik menyatakan data pada setiap variabel normat dan tidak terjadi heteroskedastisitas serta multikolinearitas. Kajian atas rumusan masalah pada variabel herd mentality positif cukup dan signifikan demikian juga variabel pelatihan kerja positif sangat baik dan signifikan, dan jika dianalisa secara serentak herd mentality dan palatihan kerja terhadap kinerja ASN positif sangat baik serta signifikan. Kesimpulan bahwa ASN Ditjen Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum telah berkinerja dengan baik sesuai dengan harapan tidak melakukan kawanan berkelompok serta palatihan kerja yang berkesinambungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...