Prestasi akademik siswa dalam pelajaran matematika umumnya tergolong rendah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya pemberian umpan balik kepada siswa dan penerapan strategi evaluasi yang belum efektif. Metode evaluasi yang mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan pemberian umpan balik terutama dari teman sebaya adalah Asesmen formatif tipe Peer Asesmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi asesmen formatif tipe peer asesmen terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI SMA Negeri 4 Bulukumba pada tahun ajaran 2024/2025, yang dibagi menjadi dua kelompok, satu sebagai kelas eksperimen dan satu lagi merupakan kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah tes hasil belajar yang dikumpulkan melalui pemberian tes setelah pelaksanaan pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai tes hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 87,07 dan mediannya adalah 85. Rata – rata nilai tes hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 75,00 dan median 75,00. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi setelah diterapkannya metode peer asesmen. Selanjutnya, hasil analisis Uji Nonparametrik menghasilkan p value < 0,001. Karena nilai p < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi asesmen formatif tipe peer asesmen berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025