Kemampuan berpikir tingkat tinggi, khususnya keterampilan analisis, pada siswa masih rendah, yang disebabkan oleh kebiasaan guru dalam menyusun evaluasi yang hanya fokus pada kemampuan dasar. Soal-soal yang dirancang untuk menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mata pelajaran matematika masih sangat sedikit. Selain itu, soal evaluasi yang ada belum dirancang khusus untuk mengukur kemampuan tersebut dan jarang diterapkan kepada siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan membuat soal yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas VIII SMP. Soal-soal tersebut dikembangkan dengan memanfaatkan perangkat lunak GeoGebra agar tampilannya lebih menarik dan jelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Tessmer yang meliputi tahap awal (preliminary), evaluasi mandiri (self-evaluation), pembuatan prototipe yang terdiri dari tinjauan ahli, uji coba satu-satu, dan kelompok kecil, serta uji lapangan. Dari penelitian ini dihasilkan tiga soal esai. Berdasarkan evaluasi para ahli dan uji lapangan, ketiga soal tersebut valid, reliabel dengan tingkat reliabilitas sedang, memiliki daya pembeda yang baik, tingkat kesulitan sedang, dan nilai kepraktisan yang cukup tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025