Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Cooperative Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method). Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD N 05 Padang Rajo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, serta meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 20% dari siklus pertama ke siklus kedua. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam bekerja sama dan berkomunikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Cooperative Learning dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa serta hasil akademik mereka. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran ini secara lebih luas dalam berbagai mata pelajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif
Copyrights © 2025