Jurnal Al Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Al Karim Edisi Maret 2025

Efektivitas Penerapan Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Kurnia, Ridho (Unknown)
Sriwardona (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Cooperative Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method). Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD N 05 Padang Rajo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, serta meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 20% dari siklus pertama ke siklus kedua. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam bekerja sama dan berkomunikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Cooperative Learning dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa serta hasil akademik mereka. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran ini secara lebih luas dalam berbagai mata pelajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-KArim: adalah Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Psikologi dan Studi Keislaman dengan kajian multi-disipliner, terbit dua (2) kali dalam setahun (Maret dan September), yang dikelola oleh LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-YAPTIP) Pasaman ...