Tujuan pelatihan model cooperative learning ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan model pembelajaran di kelas. Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai calon guru berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu mahassiwa meningkatkan kompetensi pedagogik sehingga mampu memberikan bekal dengan keterampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan kolaboratif di dalam kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Rabu, 6 November 2024 di ruang 7 gedung FKIP Universitas Samudra. Peserta kegiatan adalah mahasiswa semester lima yang sedang menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Samudra. Peserta berjumlah empat puluh dua orang. Metode pelatihan yang digunakan adalah Ceramah Interaktif, diskusi, demonstrasi, kelompok, dan praktik. Selama pelatihan, peserta menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi dan secara aktif berkontribusi dalam diskusi maupun simulasi. Peserta berhasil merancang dan menerapkan skenario pembelajaran dengan pendekatan jigsaw yang mencerminkan pemahaman yang kuat terhadap prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta terhadap model pembelajaran kooperatif serta kemampuan dalam menyusun rencana pembelajaran yang selaras dengan kompetensi abad ke-21. Selain itu, peserta juga semakin percaya diri dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif dan menyatakan minat untuk mengaplikasikannya saat mangikuti magang mengajar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa program pelatihan serupa perlu diperluas kepada peserta lain dengan melibatkan mitra sekolah-sekolah lokal. Inisiatif semacam ini berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan guru dan calon guru serta mendukung penerapan model pembelajaran inovatif dan efektif di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025