Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 1 (2025): February

Membangun Toleransi Beragama di Sekolah Dasar

Diva I, Nadila Rizka (Unknown)
Suhendra, Aditia (Unknown)
Anggun, Anggun (Unknown)
Susilawati, Estiana (Unknown)
Wahyuni, Deli (Unknown)
Fansuri, Siti (Unknown)
Nurfardianti, Nurfardianti (Unknown)
Wulandari, Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan keberagaman agama dan budaya yang sangan tinggi dalam lingkungan Pendidikan, khususnya sekolah dasar, keberagaman ini menjadi tantangan dalam membangun kesadaran toleransi sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam menghargai perbedaan, serta memperkuat karakter dan kemampuan mereka dalam konteks perdadaban nasional dan kepercayaan pada Tuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengenalan kesadaran toleransi beragama pada peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai program, mulai dari program sekolah hingga program kelas. Melibatkan siswa dalam berbagai program yang dapat memupuk rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan, serta mencapai misi sekolah untuk mencetak lulusan yang cerdas, kreatif, sehat, peduli, berkarater religius, dan nasionalis. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa melibatkan siswa dalam berbagai program yang dapat memupuk rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan dapat membantu meningkatkan kesadaran toleransi beragama pada siswa sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...