Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi bangun ruang, yang menyebabkan banyak peserta didik belum menguasai materi tersebut secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Lambheu dalam pembelajaran bangun ruang. Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang belajar menggunakan media Augmented Reality dan kelompok yang belajar tanpa menggunakan media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan bantuan media Augmented Reality memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar tanpa media tersebut. Temuan ini berimplikasi pada penggunaan AR sebagai media alternatif yang efektif dalam pembelajaran geometri di sekolah dasar, khususnya untuk membantu peserta didik memahami konsep bangun ruang secara lebih visual dan interaktif.
Copyrights © 2025