Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLBN 4 Kota Blitar melalui penerapan aplikasi "Hallo-Ivy" yang berbasis metode Total Physical Response (TPR). Topik ini dipilih karena keterbatasan metode pengajaran konvensional dan minimnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang berdampak pada efektivitas belajar siswa ABK. Metode TPR diadaptasi dalam aplikasi "Hallo-Ivy" untuk menggabungkan aktivitas fisik dengan pembelajaran bahasa melalui visualisasi kosakata dalam bentuk audio dan video yang interaktif. Pengabdian ini menggunakan pendekatan difusi ipteks dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi "Hallo-Ivy". Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan bahasa siswa ABK, diikuti dengan peningkatan efisiensi pengajaran bagi guru. Aplikasi ini juga memperbaiki sistem dokumentasi perkembangan siswa, memudahkan orang tua dalam memantau kemajuan belajar anak. Kesimpulannya, penerapan aplikasi "Hallo-Ivy" telah memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran di SLBN 4 Kota Blitar, serta mendukung upaya pendidikan inklusif yang lebih efektif dan efisien. Hasil pengabdian ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan khusus untuk mencapai hasil belajar yang optimal
Copyrights © 2025