Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
Vol 11, No 2 (2025): VOLUME XI NO. 2 APRIL 2025

ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK TABUNGAN PADA BANK NAGARI CABANG SYARIAH BATUSANGKAR

Fermayani, Riche (Unknown)
Egim, Ash Shadiq (Unknown)
Indrayani, Tri Irfa (Unknown)
Hamdi, Hamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yaitu nasabah produk tabungan Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar. Metode analisis adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi berdasarkan iklan (advertising) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel bauran promosi berdasarkan promosi penjualan (sales promotion) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel bauran promosi berdasarkan hubungan masyarakat (public relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji f simultan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh dari variabel strategi bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 91,4%, sisanya sebesar 8,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model penelitian. Kata Kunci: Bauran Promosi, Iklan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), dan Kepuasan Nasabah  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menaraekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman ...