Penelitian ini mengkaji pembinaan profesionalisme guru untuk menyiapkan dan menghadapi tantangan perubahan kurikulum dan teknologi. Perubahan kurikulum yang sangat lazim terjadi di Indonesia dari zaman ke zaman adalah demi penyempurnaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Perkembangan zaman yang begitu pesat terutama teknologi digital. Maka guru harus disiapkan profesionalismenya agar mampu beradaptasi terhadap perubahan-perubahan tersebut. Guru professional memenuhi kualifikasi akademik dan menguasai kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tantangan prubahan kurikulum dan teknologi dan bagaimana pembinaan profesionalisme guru agar mampu beradaptasi dengan perubahan kurikulum dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber relevan seperti buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan pembinaan profesionalisme guru yang efektif dan efisien dengan mempertimbangkan hasil analisis karakter dan prototipe guru. Kesimpulan penelitian yaitu model pendekatan pembinaan profesionalisme guru dapat diimplementasikan dengan fleksibel sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setiap individu akan berimplikasi pada meningkatnya profesionalisme guru yang signifikan terkhusus dalam beradaptasi dengan perubahan kurikulum dan teknologi.Kata kunci: Pembinaan, Profesionalisme Guru, Perubahan Kurikulum, Teknologi
Copyrights © 2025