Perkembangan teknologi digital menuntut guru berinovasi, termasuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun, banyak guru PAI SD di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, masih kesulitan mengadopsi media canva. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru melalui pelatihan pemanfaatan canva dengan metode Participatory Action Research (PAR), mencakup pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset untuk perubahan sosial, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah kemanusiaan, menyusun strategi gerakan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, membangun pusat belajar masyarakat, refleksi, dan meluaskan skala gerakan dan dukungan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru, terbukti dari skor post-test yang naik dari 55% menjadi 87%. Guru lebih percaya diri merancang pembelajaran, yang meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, pelatihan mendorong kreativitas guru dalam menyusun materi ajar serta membentuk komunitas berbagi media ajar sebagai bentuk kolaborasi. Meski demikian, kendala seperti akses internet, perangkat terbatas, dan waktu menjadi tantangan. Diperlukan pelatihan lanjutan, dukungan infrastruktur, dan penguatan komunitas agar inovasi berkelanjutan.
Copyrights © 2025