Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Mei 2025 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Pemanfaatan Media Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kompetensi Guru PAI SD

Delvia, Melda (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Amelia, Rezki (Unknown)
Elijonnahdi, Elijonnahdi (Unknown)
Sartini, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut guru berinovasi, termasuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun, banyak guru PAI SD di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, masih kesulitan mengadopsi media canva. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru melalui pelatihan pemanfaatan canva dengan metode Participatory Action Research (PAR), mencakup pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset untuk perubahan sosial, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah kemanusiaan, menyusun strategi gerakan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, membangun pusat belajar masyarakat, refleksi, dan meluaskan skala gerakan dan dukungan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru, terbukti dari skor post-test yang naik dari 55% menjadi 87%. Guru lebih percaya diri merancang pembelajaran, yang meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, pelatihan mendorong kreativitas guru dalam menyusun materi ajar serta membentuk komunitas berbagi media ajar sebagai bentuk kolaborasi. Meski demikian, kendala seperti akses internet, perangkat terbatas, dan waktu menjadi tantangan. Diperlukan pelatihan lanjutan, dukungan infrastruktur, dan penguatan komunitas agar inovasi berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...