Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan strategi pengajaran dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Dalam mata pelajaran Tahfidz, penerapan metode ini menjadi solusi dalam meningkatkan efektivitas hafalan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Tahfidz di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan Welahan Jepara, mengidentifikasi manfaat dan tantangannya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap motivasi dan hasil hafalan siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi pada peningkatan kelancaran hafalan, pemahaman tajwid, serta motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur'an. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi antusiasme siswa, lingkungan belajar yang kondusif, serta dukungan orang tua. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan waktu guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa, keterbatasan sumber daya, serta perlunya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas berdiferensiasi. Dengan dukungan yang optimal dari sekolah dan orang tua, pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Tahfidz Al-Qur’an, Kurikulum Merdeka, strategi pengajaran, hafalan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025