Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 1 (2025)

EFEKTIF KEGIATAN PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS 1V SD NEGERI KALISARI

Huda, Yoga Ainul (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan di sekolah juga dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di lingkungan sekolah. Penting bagi sekolah menyelenggarakan kegiatan pembiasaan secara terencana dan terstruktur guna membentuk karakter siswa yang berkualitas, berintegritas, serta mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter anak pada mata pelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri Kalisari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai fakta dilapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan kegiatan pembiasaan efektif terhadap pembentukan karakter cinta tanah air pada anak melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas IV SD Negeri Kalisari. Hal ini dibuktikan dari pembuatan program pembiasaan dan pembelajaran, metode dan strategi yang dipakai oleh guru, guru memberi contoh terhadap siswa, serta timbal balik atau respon siswa yang antusian dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hambatan yang dihadapi dalam pembentukan karakter cinta tanah air di SD Negeri Kalisari pada siswa kelas IV adalah faktor lingkungan, faktor teman sebaya dan kesadaran diri siswa. Selain itu terlihat beberapa siswa asyik main sendiri dengan teman sebangku saat pembelajaran berlangsung. Solusi guru meminimalisir kendala pembentukan karakter anak pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisari serta memberikan pemahaman secara intens kepada siswa dan peran guru disini sebagai model contoh oleh siswanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...