Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 1 (2025)

ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE FREE FIRE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DUKUH JATI WETAN 01

Hanifah, Nida (Unknown)
Subekti, Ervina Eka (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Dalam  hasil  wawancara  tersebut,  mendapatkan  data bahwa  salah  satu  siswa  memeroleh  nilai  cukup  rendah. Hasil pengamatan ini mengindikasikan bahwa terdapat dugaan bahwa motivasi belajar anak-anak menurun akibat kecanduan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi kondisi penggunaan Game Online Free Fire oleh siswa kelas IV SDN Dukuh Jati Wetan 01 terhadap mmotivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Dukuhjati Wetan 01 tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 23 anak terdiri dari kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil angket penelitian menunjukkan dari 23 siswa memilih dari indikator dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Dukuhjati Wetan 01. Siswa menjadi termotivasi giat belajar karena dorongan untuk dapat memainkan game tersebut setelah belajar pada setiap harinya. Orang tua harus siap mengkordinasi dan mengontrol anak-anak mereka agar tidak timbul dari dampak negatif game tersebut.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...